Rabu, 10 Juni 2009

THE RULE IS...


By: Kak Melina

Displin hanya bisa ditegakkan bila ada aturan yang jelas. Sangatlah tidak adil bagi anak bila kita mendisplinkan mereka tanpa memberi aturan yang jelas & tanpa mengajar mereka terlebih dahulu.Untuk itu penting bagi kita membuat aturan-aturan dalam keluarga & menjelaskan mengapa aturan itu dibuat.

This is what we do if we want to make a rule :
  1. Tentukan batasan yang jelas dalam aturan : segala sesuatu ada batasannya, dari batasan inilah kita buat aturan. Misal : Dalam menonton TV ada batasanya yaitu tidak lupa belajar karena itu dibuatlah aturan “Tidak boleh nonton TV sebelum selesai belajar.”

  2. Mengerti alasan di balik aturan yang dibuat: Harus ada alasannya mengapa aturan dibuat. “Tidak boleh nonton TV sebelum selesai belajar” karena :


    • Tanggung jawab seorang anak adalah belajar. Jadi dia harus mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik.

    • Belajar lebih penting dari pada nonton TV

  3. Konsisten dalam menjalankan aturan : aturan dijalankan terus menerus sampai menjadi suatu kebiasaan. Konsistensi diperlukan agar peraturan bisa menjadi suatu kebiasaan.

  4. Bersifat sama rata : artinya peraturan ini berlaku bagi semua anak di dalam keluarga tanpa kecuali. Tidak ada pilih kasih atau anak emas. Bila kita membuat pengecualian dalam aturan maka anak merasa diperlakukan tidak adil & tidak mau mentaati peraturan tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar