Rabu, 10 Juni 2009

I LOVE YOU


By: Kak Melina

Seorang anak memiliki Radar Khusus, sehingga ia mengetahui apakah orangtuanya tulus mengasihinya atau tidak. Tidak cukup hanya mengatakan “I Love You” kepada mereka tetapi kita harus melakukan sesuatu untuk menyatakan kasih kita. Berikut ini beberapa tindakan sederhana yang dapat kita lakukan setiap hari :

1. Luangkan waktu 10-30 sebelum anak tidur untuk mendengarkan apa yang dialaminya hari ini. Biarkan mereka yang bercerita, bagian kita simak sebaik-baiknya. Bila mereka mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, hiburlah hatinya & bila mereka mengalami suatu prestasi pujilah mereka.

2. Biasakan untuk menatap mata anak bila berbicara dengan mereka, bicaralah dengan suara & ekspresi yang penuh kasih.

3. Berilah panggilan kesayangan kepada anak kita yang tidak memalukan atau melecehkan anak kita. Seperti, “Sayangku, Manisku, Anakku” Jangan panggil dia, “Si Endut, Tem(hitam)”

4. Tepatilah apa yang kita janjikan kepada anak kita. Jangan mudah membuat janji bila kita tidak bisa menepatinya, hal tersebut membuat anak tidak bisa mempercayai kita.

5. Berhentilah melakukan sesuatu bila anak kita hendak bicara, hal ini menunjukkan betapa berartinya mereka bagi kita. Bahwa mereka lebih penting daripada apa yang sedang kita kerja! Bila pekerjaan tersebut tidak mungkin untuk dihentikan, berhentilah sejenak, tatap matanya & katakan,”Sayang, bisakah kamu menunggu sebentar? Setelah ini selesai kita bicara lagi ya!” biasanya anak mau mengerti.

So Let’s do it & see how it work!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar